Kamis, 11 Februari 2010

Perbanyakan Tanaman Jati secara Invitro

ABSTRAK
Desi Ratnawati, NIM K4207190, judul laporan “PRODUKSI BIBIT JATI (Tectona grandis Linn.F.) MELALUI TEKNIK KULTUR JARINGAN DI LABORATORIUM SERVICES DAN DI LABORATORIUM BrMC SEAMEO BIOTROP - BOGOR” Dibawah bimbingan Ir. Heru Sugito, MP
Kultur jaringan tanaman jati ( Tectona grandis ) pada umumnya merupakan tanaman hutan yang tidak sengaja ditanam dan tumbuh liar didalam hutan bersama jenis tanaman lainnya dan tanaman jati sangat berprospek tinggi, tanaman jati termasuk tanaman mewah. Tujuan dari praktek kerja lapang yaitu membentuk sikap disiplin bagi mahasiswa, mengetahui secara langsung kegiatan yang dilakukan pada industri, mengaplikasikan teori yang didapat.
Tempat pertama dilaksanakan di Tissue Culture – Services Laboratory, SEAMEO BIOTROP yang terletak di Jl. Raya Tajur Km 6, PO BOX 116, Bogor Jawa Barat, Indonesia. Praktek kerja lapangan dilaksanakan selama ± 3 bulan yaitu mulai tanggal 15 Oktober s.d. 28 November 2008 . Tempat kedua di Laboratorium BrMC – Seameo Biotrop dilaksanakan di komplek SEAMEO BIOTROP Jl. Raya Tajur KM 6, PO BOX 116, Bogor Jawa Barat, Indonesia. Pelaksanaan Kerja Lapang dilaksanakan pada tanggal 01 Desember s.d. 13 Februari 2009.
Praktek Kerja Lapang diawali dengan orientasi, abservasi, adaptasi, dan pelaksanaan PKL dengan beberapa kegiatan yang dilakukan di tempat industri yaitu penyiapan laboratorium, sterilisasi alat, pembuatan media, penyiapan eksplan, sterilisasi eksplan, penanaman eksplan, subkultur multipikasi tunas, dan aklimatisasi.
Hasil yang dilakukan di dua tempat industri adalah semua kegiatan produksi perbanyakan tanaman seperti jati, pisang, tanaman hias, dan penelitian perbanyakan tanaman singkong secara kultur jaringan yang dilakukan di Laboratorium kultur jaringan BrMC. Proses produksi jati secara kultur jaringan prosedur kerjanya diawali dengan pembuatan media stok, pembuatan media tanam, sterilisasi eksplan, subkultur, aklimastisasi dan pemeliharaan. Antara laboratorium kultur jaringan di seameo biotrop dan laboratorium BrMC – Biotrop memiliki prosedur kerja yang sama.
Kegiatan yang dilakukan selama PKL merupakan kegiatan untuk memenuhi persyaratan akademik, dimana mahasiswa mendapatkan pengalaman yang banyak khususnya dibidang kultur jaringan.

0 komentar: